Rabu, 02 September 2020

PJOK kelas 4 (Empat) Gerak Lokomotor, non Lokomotor, Manipulatif dan Permainan Bola Besar Sepakbola

Materi PJOK kelas 4 (Empat) Permainan Bola Besar Sepakbola


Pengertian Permainan Bola Besar:

Permainan bola besar adalah Sebuah permainan Olahraga yang menggunakan peralatan Bola dengan ukuran yang besar seperti permainan Sepak bola, Bola voli, Bola basket, Futsal, Polo Air, Bowling, Bola Tangan.

Gerak Lokomotor

Gerak dasar lokomotor adalah gerak dasar berpindah tempat dari tempat yang satu ke tempat yang lain, atau gerak dinamis. contoh gerak dasar lokomotor adalah jalan, lari, lompat dan loncat. gerak tersebut ada dalam semua cabang olahraga

Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Sepak Bola – Rangkuman materi PJOK tentang gerak dasar yang harus dikuasai seorang pemain. Sepak bola termasuk salah satu cabang olahraga permainan bola besar. Dalam permainan sepak bola, terdapat gerak lokomotor (berpindah tempat), nonlokomotor (tidak berpindah tempat), dan manipulatif (gerak yang melibatkan benda di luar tubuh.

Bagaimana bentuk variasi gerak lokomotor? Variasi gerak dasar lokomotor menunjukkan aktivitas berpindah tempat. Variasi gerak dasar lokomotor dapat dilakukan dalam gerakan menendang, menghentikan, dan menggiring bola.

1. Gerak Dasar Melangkah dan Berlari

Amatilah variasi gerak dasar lokomotor seperti gambar dibawah ini. Pada gambar, tampak seorang anak berjalan dan berlari (gerak lokomotor). Aktivitas berjalan dan berlari menunjukkan pergerakan tanpa bola.

Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Sepak Bola

Peragakan gerakan seperti gambar, kemudian jelaskan langkah-langkahnya kepada guru secara santun. Melangkah dan berlari merupakan contoh variasi gerak lokomotor. Kamu dapat melakukan gerak melangkah dan berlari ke berbagai arah.

2. Gerak Dasar Berjalan dan Berkelok-Kelok

Bagaimana cara melakukan variasi gerak dasar lokomotor berjalan dan berkelok-kelok? Diskusikan variasi gerak dasar lokomotor dalam berjalan dan berlari berkelok-kelok bersama temanmu! Gunakan berbagai sumber bacaan untuk mendukung hasil diskusi. Jelaskan hasil diskusimu kepada teman dan guru secara santun.

3. Gerak Dasar Berlari dan Melompat

Bagaimana gerak berlari dan melompat dalam permainan sepak bola? Variasi gerak dasar lokomotor ini dapat dilakukan dalam gerakan menyundul bola. Variasi gerak dasar ini diawali dengan berlari, kemudian melompat.

Saat melayang di udara, ikuti ayunan lengan untuk memperoleh gaya dorong. Tujuan dari gerakan sundulan ini adalah untuk mengoper bola kepada kawan satu tim atau mencetak gol ke gawang tim lawan.

Gerak Non Lokomotor

Pengertian Gerak Non Lokomotor

Pengertian Secara Umum

Secara umum gerak non lokomotor adalah melakukan suatu gerakan ditempat atau melakukan gerak dengan tidak berpindah tempat.

Pengertian Menurut KBBI

Menurut KBBI adalah keterampilan yang dilakukan tidak berpindah tempat dari satu ke yang lain.

Misalnya melenting, mendorong, menarik, menedang, membungkuk, melempar, dan menangkap.

Contoh Gerak Non Lokomotor

Berikut adalah beberapa contoh dari gerak lokomotor:

Yang termasuk ke dalam jenis gerakan non lokomotor adalah, berdiri tegak dengan salah satu kaki diangkat, keterampilan dasar ini termasuk kemampuan keseimbangan (balance).

Makin tinggi titik berat badan dari bidang tumpu, makin labil keseimbangan seseorang. Makin kecil bidang tumpu juga makin labil posisi keseimbangan.

  • Gerak Melempar
  • Gerak Menangkap
  • Gerak Menendang
  • Gerak Menjerat/menjebak
  • Gerak Menyerang
  • Gerak Memvoli
  • Gerak Melambung
  • Gerak Memelanting
  • Gerak Bergulir
  • Gerak Menggelinding
  • Gerak Menyepak.


Gerak Manipulatif

Contoh Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola – Rangkuman materi PJOK tentang gerak dasar yang harus dikuasai seorang pemain. Sepak bola termasuk salah satu cabang olahraga permainan bola besar. Dalam permainan sepak bola, terdapat gerak lokomotor (berpindah tempat), nonlokomotor (tidak berpindah tempat), dan manipulatif (gerak yang melibatkan benda di luar tubuh.

Kamu telah mempelajari variasi gerakan manipulatif dan nonlokomotor dalam permainan sepak bola. Selanjutnya, kamu akan belajar variasi gerak dasar manipulatif dalam permainan sepak bola. Lakukan pembelajaran ini secara sungguh-sungguh. Bagaimana caranya?

1. Menggelindingkan dan Menendang Bola

Variasi Gerak Dasar Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola

2. Menghentikan dan Menendang Bola

3. Menggiring dan Menendang Bola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar